BERBAGI INFORMASI UNIK,MENARIK, UP-DATE DAN MENGHIBUR, DISINILAH TEMPATNYA

10 Jun. 2013

8 Cara Menjadi Penyiar Radio Yang Baik

  1. First step. Station ID : Andaikan kita masuk dalam radio X. Radio tersebut pasti punya yang namanya Station ID. Banyak yang belum tau makhluk apakah itu, padahal sobat muda pasti denger hampir setiap hari loh.. Contohnya nih kalo di Radio Untar : ‘Sepuluh Sembilan Delapan Kilohertz/The Voice Of Metropolitan Students!’ yang biasa announcer ucapkan ketika intro. Station ID ini udah pasti beda – beda buat maing – masing radio. Walaupun keliatannya gampang, ternyata buat ngucapin ID dengan benar itu gak gampang loh. Harus jelas, gak datar, dan harus pas temponya. Suara pun harus berpower, which lead us to number two 
  2. Power : Pernah gak sobat muda denger penyiar yang bawain acara dengan suara lemes? pasti jarang kan.. apalagi di radio – radio profesional dan komersial. beda ya sama di mall – mall yang ngumumin mobil parkir  hehe.. kenapa gini? sebab kalau penyiarnya aja lemes, gimana yang denger? pasti lebih males lagi kan 
  3. Tempo : Cobalah berlatih berbicara dengan tempo yang pas di depan cermin. jangan terlalu cepat, tapi tidak terlalu pelan juga. kalau sobat muda merasa kesulitan, bisa juga minta orang lain untuk dengerin. gak ada salahnya kok minta pendapat orang!
  4. Intonasi : Intonasi, atau pelafalan, sering menjadi masalah kita. gak cuma kita loh, kadang – kadang profesional pun masih suka bingung dengan beberapa kata yang baru mereka temui. gimana buat ngatasin masalah ini? kuncinya sering – sering baca majalah dengan suara. A, I , U, E, O harus jelas. makin kamu sering berlatih, makin ilang deh belibet nya  buat ilangin logat yang medok juga bisa banget kok!
  5. Nada : Satu hal yang penyiar sering ga sadar tapi lakuin adalah nada yang diulang berkali – kali. itu lagi, itu lagi. Lama – lama yang denger pasti bosen kan? tapi tenang aja.. bukan berarti hali ini ga bisa diatasin loh. sobat muda coba deh buat rekam suara sobat muda pake voice recorder pas lagi baca script. nanti pasti sobat muda sadar akan pengulangan nada itu. tinggal dipoles deh! kunci lainnya, banyak – banyak dengerin penyiar yang udah pro, sebab kecenderungan mereka untuk ngulang nada yang sama itu lebih kecil.
  6. Kenali Lagu : Penyiar di radio udah ga asing sama yang namanya request. tiap jam siaran, pasti ada aja yang request. oleh karena itu, sobat muda yang pengen jadi penyiar harus sering – sering update sama lagu – lagu terkini, bukan cuma buat menjawab request, tapi juga buat intro – outro pas lagi siaran. now that you know why those announcer can predict the timing to intro before the singers start to sing. 
  7. Perbanyak Pengetahuan Umum : Walaupun di beberapa radio penyiar harus menggunakan script, tapi script itu ga sepenuhnya harus dibaca loh! perlu juga improvisasi dari penyiar supaya pas dibaca, pendengar ga bosen, tapi tetep ‘nangkep’ inti dari berita yang disampaikan. gunakan waktu kosong sobat muda buat baca berbagai sumber tentang apa aja  reading is a good habit!
  8. Jangan Malu Bertanya : Seringkali calon penyiar / penyiar junior malu untuk tanya – tanya sama mereka yang lebih senior. padahal, banyak loh dari penyiar senior yang gak pelit ilmu! mereka bakal seneng banget ketika diminta tips dan saran dari mereka yang mau belajar. asal tetep sopan dan gak ganggu ya..

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking